Rabu, 15 Agustus 2012

Puluhan Ribu Orang Berburu "Lailatul Qodar" Bersama Syeikh Jibril di Masjid Tertua Mesir



Salah satu hal terunik di negara Mesir ketika bulan Ramadhan adalah Kumpulnya puluhan ribu orang untuk shalat tarawih berjamaah di Masjid tertua, yaitu masjid Amru bin Ash pada malam 27 Ramadhan.
Sudah menjadi adat atau kebiasaan setiap tanggal 26 Ramadhan atau yang biasa disebut malam 27 Ramadhan, masjid Amru bin Ash didatangi banyak orang baik dari kota Kairo atupun luar kota dengan berbondong-bondong menuju satu tempat untuk melakukan salat tarawih bersama. Bersama Syeikh yang sangat terkenal bagi masyarakat Mesir yaitu Syeikh Jibril.
Kemerduan suara Syeikh Jibril dalam melantunkan Ayat-ayat Al-qur'an menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Mesir, apalagi bertempat dimasjid tertua di Mesir dan dilaksanakan tepat pada malam ganjil yang sangat mungkin akan bersamaan dengan turunnya malam "Lailatur Qodar" satu malam yang lebih mulia dibanding seribu bulan.
Syeikh Jibril bukanlah imam terawih tetap di masjid Amru bin Ash, beliau menjadi imam hanya sekali selama bulan ramadhan selebihnya menjadi imam dimasjid lain bahkan di luar negeri. Masyarakat Mesir seolah-olah tidak mau kelihangan kesempatan emas ini, berjamaah dengan pemilik suara emas ditempat bersejarah dan didalam waktu sepuluh hari terkhir dari bulan Ramadhan. Jamaah setiap tahunnya mencapai puluhan ribu, shaf shalat meluber keluar area masjid hingga ratusan meter yang memaksa seluruh jalan di daerah sekitar ditutup dan digunakan untuk tempat shalat, bahkan banyak masyarakat yang rela berangkat siang hari hanya untuk mendapatkan shaf shalat yang paling depan.


Terawih dengan syeikh Jibril di masjid yang dibangun sahabat Amru bin Ash ini memiliki nuansa tersendiri. Qunut di shalat witirnya mamakan waktu kurang lebih satu jam, Dikesempatan itu sheikh Jibril berdoa untuk semua permasalahan umat Islam. Jodoh, rizqi hingga pertolongan Allah agar umat Islam di seluruh dunia segera terbebas dari masalah-masalahpun tidak luput dari munajatnya. Tidak jarang para jamaah menangis tersedu-sedu diwaktu qunut berlangsung. 
Nama lengkap syeikh Jibril adalah Muhammad As-Sayyid Husain Jibril, dilahirkan di daerah Qalyubiyah Mesir, seorang qari' yang dikenal memiliki suara merdu yang bayak dirindukan umat Islam diberbagai tempat. Laki- laki yang telah menyelesaikan Lisense difakultas Syariah Wal Qanun di universitas Al-Azhar pernah menyabet juara lomba menghafal Al-Qur'an tingkat Internasional di Malaysia tahun 1981 dan di Saudi Arabia tahun 1986.



Sumber : Kompasiana

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India