Selasa, 31 Juli 2012

Bingung Untuk Berbuka Puasa di Mesir



Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa dimana umat Islam di seluruh dunia berlomba-lomba untuk meningkatkan dan memperbanyak amal ibadah. Jadi wajar jika kita melihat masjid yang tiba-tiba penuh, banyak orang membaca Al-Qu’an disana-sini dan bersedekah dengan berbagai macam cara.
Setiap negara mempunyai keunikan sendiri-sendiri dalam menghidupkan dan meramaikan bulan Ramadhan yang sangat dinanti-nanti ini tidak terkecuali negara Mesir. Ada hal yang paling mencolok pada bulan Ramadhan di negeri seribu menara ini yaitu banyaknya para dermawan yang secara langsung maupun tidak langsung turun kejalan untuk bersedekah.
Orang Mesir  memang senang menyisihkan uangnya selama setahun untuk dikeluarkan pada bulan Ramadhan, seolah-olah hal seperti ini sudah menjadi tradisi turun menurun. bahkan orang Mesir yang berekonomi sedang kebawahpun sepeti itu.
Salah satu bentuk sedekah yang paling terlihat yaitu memberi buka puasa. bahkan terkadang orang-orang bingung menentukan tempat buka puasa bukan karena susah mencari makanan melainkan hampir sepanjang jalan di Mesir bisa menjadi tempat berbuka puasa dengan berbagai macam menu.
ketika jalan-jalan, sangat tidak mengherankan jika tiba-tiba ada mobil berhenti dan kemudian memberikan bungkusan yang isinya makanan untuk buka puasa, kebanyakan masjid juga menyediakan buka puasa yang biasa disebut “Maidatur Rahman”, dan banyak tenda-tenda di pinggir jalan yang sengaja dibuat untuk dijadikan tempat berbuka secara gratis.
Awal Ramadhan kami jalan-jalan menelusuri kota tua Kairo tanpa bekal apapun dan ketika menjelang adzan magrib banyak orang-orang mesir yang menawari kami untuk berbuka puasa sebelum kami memutuskan untuk berhenti dimasjid. Kami juga menemukan sebuah tenda yang cukup besar dimana terdapat orang-orang yang lagi memasak makanan yang kemudain dimasukkan mobil dan disalurkan ke jalan-jalan.

Sumber : Kompasiana

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India